Langsung ke konten utama

Murah dan Mudahnya ke Singapore

menuju imigrasi nya Johor Bahru
Hai hai... melanjut sesi kedua dari cerita sebelumnya, hari kedua kami di Johor Bahru rencana nya pergi ke Singapore utk mengunjungi Universal Studios. Kiddos semangat banget nih, jam 6 udah bangun dan mandi berhubung selisih sejam antara Sukabumi dan Johor Bahru jadi jam 6 itu baru waktu subuh. Tapi kita emang niat pagi2 banget brangkatnya spy bisa lama di maen di Universal Studios nya. Jam 7 kita brangkat setelah sarapan roti dlu (Roti yang kita bawa dari rumah,hehehe). Dengan jalan kaki 5 menitan kita udah sampe di gedung imigrasi (CIQ Johor) untuk menuju ke Singapore, dan ternyata udah banyak orang cuman antrian untuk lewat di petugas imigrasi lancar. Petugas menyuruh anak2 bareng dengan umi nya dan buyanya diperiksa sendiri. Petugas nya cukup ramah dan kami lewat tanpa hambatan, di bawah gedung terebut ada terminal bus khusus utk pergi ke singapore (pokonya untuk di gedung ini, ikutin aja rame nya org jalan ke arah mana tar jg nyampe ke terminal bus, hehehe). Di tempat naek bus itu udah banyak bgt orang ngantri pdhal waktu itu masih hari jumat, sekitar 15 menit ngantri utk masuk bis. Kita milih bis CW 2 yang turun di Queen Street, berhubung kita belon punya STP (Singapore Tourist Pass), yang jual STP paling deket dari Johor Bahru itu di terminal MRT Bugis yg adanya di Queen Street (kabarnya nya di kranji jg skg jual STP tapi perhatiin jam buka loketnya, nih link nya https://causewaylink.com.my/ ). Naek bis CW 2 lbh baik siapin uang pas karena ga pake kembalian kalo uang nya lebih :'( harga tiketnya 3.4 RM utk dewasa dan kiddos bayar setengah nya (update harga tiket dan jalur MRT http://www.thesingaporetouristpass.com.sg/ ) . Seperti biasa angkutan di
adik Milo di bis CW 2
negara tetangga ini nyaman walaupun agak penuh, ampe diri2 yang naek bis ini, ga nyampe 10 menit kita udah turun lagi untuk masuk ke woodlands, gedung imigrasi nya Singapore. Tenang aja kita ga usah mikirin dan takut ketinggalan bis yang asalnya kita naekin, asal tiket nya masih kita pegang kita bisa naek bis CW2 yang mana aja, bis tersebut selalu lewat ke tempat yang sama.

Di imigrasi Singapore ini suasana nya beda banget, tampang petugasnya aga kurang senyum. Pertama kita disuruh ngisi kertas putih dulu, disitu di rinci tujuan kita kemana dari mana, dan lainnya. Berhubung kita ga nginep di Singapore, di kolom nama tempat tinggal di Singapore kita isi dengan tujuan kita kesana "universal Studios" dan jangan lupa untuk ngambil lebih kertas putih untuk cadangan besok kita balik lagi ke singapore. Pas lewat petugas imigrasi Singapore, ternyata buya dipanggil dulu oleh petugas sedangkan kiddos dan umi nya di suruh menunggu di luar gedung imigrasi. Awalnya aga panik, ada masalah apa nih ampe dipanggil oleh petugas. ternyata semua suami yang dia dan keluarganya pertama kali masuk singapore lewat Johor Bahru dipanggil dulu dan para istri dan anak disuruh nunggu di luar (hasil investigasi rumpi umi ke emak2 bawa anak yang nunggu juga). Lumayan lama nih nunggu buya beres di panggil, kiddos mulai rewel dan nangis karena khawatir buya nya ga muncul-muncul. Setelah sejam-an kita nunggu, akhirnya buya muncul sambil cengir2 dia bilang ngantrinya lama kalo di tanya sih biasa aja seputar tujuan ke singapore dan bawa uang brp. Kita jadi abis waktu lama disini karena ketahan di imigrasi, buru2 lah kita ke bawah gedung imigrasi itu utk naek bis menuju queen street yang ternyata ngantri nya makin panjang.. waduh aga lama juga nunggunya dan kiddos mulai rewel sehingga kaka dan adik harus dipisahkan >,<

Setelah berhasil naik bis, perjalanan dilanjut sekitar sejam kita nyampe Queen Street (jalan udah
dpn pintu masuk MRT
mulai penuh, ga macet sih cuman jalannya jd pelan aja). Pas turun kita pake jurus andalan lagi 'ikutin org2 jalan ke arah mana' dan
berhasil nyampe yg namanya MRT Bugis, disitu kita beli STP dlu, siapin aja passport nya. Adik dikasih gratis STP nya dan ga perlu di kembalikan krn berlaku 5 tahun. Petunjuk arah MRT itu jelas banget, asal kita mau baca nya. MRT ada per 3 menit dan
byk pintu masuknya jd ga bakalan berebutan masuknya, hahaha. Kiddos antusias naek kereta bawah tanah dan mereka untungnya bisa kalem dan menikmati perjalanan (entah kalem entah takut, krn di bawah tanah jd gelap, hahaha)

Akhirnya kita nyampe di Vivo Mall (utk menuju Sentosa Island). Kita harus naek ke lantai 3 untuk bisa naek Monorail, sebenernya byk spot bagus utk foto2 berhubung udah kesiangan jadi kita skip itu.
Naek monorail seharga 4 Sgd, dan lagi2 adik gratis (kayanya karena badan nya kecil, jd disangka anak 3 tahun deh). Kiddos mulai seneng dan ga sabar pengen buru-buru nyampe Universal Studios. Padahal niat kita mau jelajah Sentosa dulu plus foto2, di Sentosa island itu banyak tempat yang bisa di jelajahi dan gratis pula, tp berhubung kita udah kesiangan ( udah jam 12) dan kondisi kiddos yang mulai rewel juga takutnya kalo kita jelajah dulu kiddos malah kecapean duluan sebelon maen di Universal Studios. Akhirnya kita skip lagi acara itu >,<

Untuk ke Universal Studios kita turun di waterfront. dari situ jalan dikit kita akan ketemu
 ama bola dunia raksasa khas nya mereka, setelah foto2 dengan berbagai gaya di depan bola dunia ini, baru lah kita masuk ke Universal Studios, setelah pemeriksaan tiket kita wajib untuk pegang map nya Universal Studios, kalo ga kita bakal muter2 ga jelas di sana. Wahana yang pertama kita coba, wahana2 nya kiddos. Banyak juga wahana anak yang bisa di naekin, cuman sayang nya adik Milo yang tinggi nya kurang dari 120 cm banyak ngelewatin wahana yang padahal dia pengen. Sedih juga sih tuh anak, tapi ya gimana lagi. Buya baru bisa naek wahana ekstrem setelah semua wahana kiddos di cobain. Aga susah pas nyari tempat solat, menurut peta ada di sekitaran wahana mummy tapi tempatnya kecil jadi ga begitu kelihatan. Tempat solatnya enak, bersih cuman kecil aja, ga kerasa udah jam 6 sore maen disana. Setelah kiddos puas maen dan foto2 dengan karakter yang mereka suka (Minions, Madagascar, Tranformer, dll)
Kiddos masih semangat
Kiddos makan di mel's drive
Kiddos pun makan di Mel's Drive (cuman ada 3 tempat makan halal di universal) dan udah sangat kecapean. di Mel's Drive kita keluar uang 10 SGD untuk dua menu kiddos, harusnya 20 SGD tapi kita punya voucher makan yang kita dapet pas beli tiket Universal Studios. Untuk ukuran kiddos, 1 menu nya lumayan banyak, bahkan ga abis dan dibantu umi dan buya nya utk ngabisin (lapar juga sih, hahaha). Oh iya, menjelang makan besar jam 6 kiddos makan camilan dan roti yang kita bawa. Untuk minum, tenang aja di Universal banyak banget keran air minum di setiap tempat asal kita sedia botol air minum nya aja. Jadi bisa hemat beli air minum yang harganya mahal (1 botol 2 sgd).

Berhubung kiddos yang udah kecapean dan kenyang makan, kita putuskan untuk langsung pulang aja (pdhal umi dan buya nya belon puas untuk jelajah, sayang sih... tp kan demi kiddos). Pulangnya kita naek monorail lagi dan CW2. Jalur dan tarif masih sama kaya berangkat tp bedanya ongkos pake SGD bukan RM di woodlands juga lancar, ga kaya tadi pas berangkat. Wal hasil bisa dikatakan perjalanan pulang lancar walau diiringi kiddos yg mulai rewel karena kecapean.

Berhubung buya dan umi yang belon makan berat dari pagi (roti itu bukan makan,hahha) jadi sebelon ke hotel kita hunting makanan dulu di seputaran JBCC, hasil sedikit menjelajah dan rayuan ke
sop tulang iga
kiddos yang bakal dapet es milo kita nemuin semacem night market yang isinya pedangan berbagai jenis makanan, dari makanan laut ampe roti bakar. Dan pilihan kita jatoh ke Sop Tulang dan Sop iga, minum teh tarik dan es milo. Kiddos di tawarin roti bakar ga mau,katanya udah kenyang. Sop tulang iga dan sop tulang sumsum nya enak banget (entah karena lapar juga) harganya aga mahal dibanding makan kita malem sebelonnya tapi masih wajar sih utk ukuran menu segitu,hehehe. Utk 4 jenis minum kita bayar 8 RM dan untuk makan kita bayar 24RM, jadi abis sekitar 100rb-an deh

Setelah makan kita balik ke hotel, langung mandi, solat dan rebahan.. Kiddos pengen di pijitin kaki nya karena kecapean dan aga rewel juga mereka malem ini, kecapean banget mereka tapi pas ditanya mereka kompak jawab "seneeeeeeng bangeeeeet" Alhamdulillah ^,^

kiddos dan minion

Kiddos dan Transformer

naek Madagascar, kaka tipe anak yg khawatiran, hahaha
Naek wahana di Jurasic Park

dpn Galastic, kiddos udah cape

Adik Milo udah cape banget, hahaha

Postingan populer dari blog ini

Batu Tapak Camping Ground

Hai hai.. tanggal 5-6 Maret 2016 kemaren kami sekeluarga kemping di Batu Tapak Camping Ground yang terletak di Cidahu, Kab Sukabumi Jawa Barat. Akses jalan ke tempat perkemahan ini udah bagus dan mulus, semua udah aspal dari jalan utama sampai tempat parkir Batu Tapak. lokasi tenda Tempat kemping sangat nyaman dan aman apalagi untuk keluarga yang punya anak usia 10 tahun ke bawah, walau banyak yang bilang "bukan kemping beneran" tapi namanya bawa anak masih kecil kemping juga harus nyari yang nyaman ya? hehehe kondisi dalam tenda di Batu Tapak ini tersedia berbagai macam tenda yang bisa kita sewa lengkapnya bisa diliat di   http://campground.batutapak.com/  yang paling menarik perhatian umi adalah tenda yang nyaman dan aman ampe ga ada nyamuk yang masuk, dan juga kamar mandi yang bersih dan ada aer anget nya. Kalo dua hal ini udah ok, udah bisa dipastiin deh segalanya jadi menyenangkan :D Ada banyak yang bisa di explore di Batu Tapak Camping Ground ini,

liburan sekeluarga ke 2 negara, bisa dengan uang 8 juta

Banyak orang bahkan keluarga ragu untuk liburan ke luar negeri, yang dipikirkan adalah biaya. Kalo mau, dengan uang 8 juta rupiah sekeluarga bisa liburan keluar negeri. Rata-rata orang Indonesia kalo memilih liburan ke luar negeri tujuan nya ga jauh dari Singapore, Malaysia atau Thailand. Berhubung kami sekeluarga bawa anak2 yang masih kecil, jadilah kami memutuskan untuk pergi ke negara tetangga. Dengan pertimbangan tempat main, makanan, cuaca dan masih ramah bujet untuk liburan sekeluarga. Sekarang kami uraikan biaya perjalanan kami (untuk berempat) Tiket Pesawat Bandung-Johor      Rp. 1.160.000 Tiket Pesawat Sngapore-Jakarta   Rp. 2.040.000 Hotel 2 Malem                              Rp. 1.200.000 Tiket Universal Studios                Rp. 2.600.000 Ongkos dan Makan, kurleb          Rp. 1.000.000 Nah itu total pengeluaran kami sekeluarga untuk liburan ke luar negeri.